4 Candi Indonesia Yang Mirip Dengan Bangunan Di Luar Negeri

Posted by Dina's Diary on 3:55 PM with No comments

Bangunan Indonesia ternyata unik dan dahsyat! Nenek moyang Indonesia punya kemampuan yang tidak kalah dari para arsitek di negara lain. Coba buktikan..:


1. Piramida Maya Chichen Itza, Meksiko dengan Candi Sukuh, Jawa Tengah

Piramida khas Maya adalah serangkaian platform berundak dengan sebuah kuil kecil yang dibangun di atasnya. Atap kuil sering dihiasi dengan struktur yang disebut “atap-sisir,” dihiasi dengan gambar-gambar kudus dalam relief semen. Tangga curam berjajar di sisi piramida di mana para pendeta akan naik untuk melakukan upacara.
Interior kuil mencakup satu atau lebih kamar yang disediakan untuk ritual rahasia. Piramida adalah bagian dari kompleks bangunan yang lebih besar, termasuk istana dan gedung pengadilan, disusun di sekitar alun-alun atau halaman luas. Kuil-piramida biasanya merupakan bangunan tertinggi di sebuah kompleks, tingginya bisa mencapai setinggi 70 meter di atas tanah.

2 Angkor Wat, Kamboja dengan Candi Prambanan, Yogyakarta













Candi Borobudur
candi borobudur diyakini merupakan peninggalan kerajaan Dinasti Sailendra masa pemerintahan raja Samaratungga dari Kerajaan Mataram Kuno dan selesai dibangun pada abad ke-8.banyak sekali misteri candi borobudur yang belum terkuak ,apa sebenarnya nama asli candi borobudur tidak ada prasasti atau buku yang menjelaskan dengan pasti tentang pembanguan borobudur,ada yang mengatakan nama tersebut berasal dari nama samara budhara memiliki arti gunung yang lerengnya terletak teras teras ada juga yang mengatakan borobudur berasal dari ucapan para budha yang mengalami pergeseran satu satu nya tulisan yang menyebutkan borobudur pertama kali adalah thomas Sir Thomas Stamford Raffles dalam bukunya yang berjudul sejarah pulau jawa .para ahli sejarah memperkirakan Sir Thomas Stamford Rafflesmenyebut borobudur dari kata bore dan budur ,bore artinya ialah desa sebuah desa yang terletak di dekat lokasi letak candi borobudur ditemukan sedangkan budur artinya purba


Piramida Khufu
The Great Pyramid of Khufu adalah peninggalan tertua dan satu-satunya dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno. Lebih dari 2 juta blok batu digunakan untuk membangun piramida ini, selama 20 tahun - sekitar tahun 2560 SM. Piramida ini memiliki panjang 230 meter dan tinggi 139 meter.







Gunung Padang, Jawa Barat

Sama-sama berada di puncak gunung dengan batu-batu yang membentuk satu reruntuhan bangunan yang mungkin saja megah pada zamannya. Situs Gunung Padang memang begitu mirip dengan Machu Picchu yang ada di Peru. Menikmati situs kuno sambil beteman hawa pegunungan yang sejuk adalah satu cara terbaik untuk mengisi perjalanan.


Mochu Pichu




Categories: