Menikmati Makanan Campuran di Pontianak

Posted by Dina's Diary on 10:17 AM with No comments
Pontianak bukan hanya dikenal sebagai daerah khatulistiwa dan pertemuan etnis. Namun daerah ini juga dikenal sebagai pertemuan makanan antar etnis. Coba saja kita susuri makanan halal, enak dan alami yang jadi sajian favorit disana.

Bubur Pedas 

Bubur pedas ini merupakan makanan khas suku Melayu Sambas, di Kalimantan Barat. Bubur pedas terbuat dari beras yang ditumbuk halus dioseng, kemudian diberi bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lada hitam, serai, daun salam, garam dan gula. Bumbu-bumbu tersebut ditumbuk halus kecuali serai, daun salam tentunya, lalu dioseng juga seperti beras tumbuk. Kemudian bumbu dimasukkan ke dalam air mendidih yang kita isi dengan daging atau tetelan tulang sapi, bersama dengan beras tumbuk. Setelah beras dan bumbu tercampur kedalam kaldu sapi, maka kita masukkan berbagai macam sayuran seperti kangkung,daun pakis, jagung yang telah dipipil, kentang, daun kunyit dan daun kesum (untuk daun kesum mungkin terasa asing dan hanya ada di Kalbar). Daun kesum ini membuat bubur pedas beraroma khas 


Mie Sagu 

Bahan dasar mie sagu ini yaitu tepung sagu yang di campur dengan air kemudian di iris tipis sehingga menyerupai menjadi mie. Selanjutnya setelah dipotong kecil-kecil, pemasakan yang terakhir mie direbus dan setelah matang dihidangkan dengan bumbu khas sesuai selera. Selintas seperti halnya mie-mie yang lain. Tapi begitu disruput baru terasa perbedaan mie sagu yang enak dan alami ini.


Sotong Pangkong

Sotong Pangkong adalah sotong atau cumi yang telah dikeringkan dimasak dengan cara di panggang. Usai dipanggang, lalu di pangkong atau dalam bahasa Melayu di pukul – pukul, agar dagingnya terasa lebih empuk. Kemudian, disajikan bersama dengan kuah sambal kacang atau asam pedas manis. Saat dilumuri kuah sambal, rasanya menjadi gurih dan terasa nikmat. 


Burung Punai Goreng Atau Bakar

Burung Punai mirip burung merpati yang berwarna hijau dan berparuh kemerahan. Tekstur dagingnya gurih. Burung liar ini masih dapat ditemukan disekitar Pontianak dan Mempawah. Burung Punai di tangkap dengan cara dijaring atau menggunakan perekat. Kalau rasanya....yummy...luar biasa.

Ayo coba kuliner pontianak ini....
Categories: