Huh Hah...6 Makanan Terpedas di Asia

Posted by Dina's Diary on 10:23 AM with No comments
Setiap etnis memiliki kebiasaan makan pedas. Karena makanan enak dan alami biasanya rasanya terasa rempah dan pedasnya.
Kita lihat di Asia, hampir tiap etnis punya ciri makanan halal, enak dan alami yang jadi favorit bagi etnis tadi bahkan disukai banyak orang dari berbagai negara.

Nih yuk cobain...

1. Sichuan Huo Guo Cina

Seperti negara Asia kebanyakan, Tiongkok juga termasuk negara yang kaya dengan makanan pedas, dan salah satu makanan khas Negeri Tirai Bambu adalah Sichuan Huo Guo atau Hot Pot. Persis seperti namanya, hot pot, aneka makanan dimasukkan ke dalam wadah berisi kuah pedas. Makanan ini biasanya disajikan di kawasan Sichuan sebagai makanan tradisional mereka. Hot pot diisi berbagai makanan: daging sapi, jamur dan sayuran lainnya. Ciri khas makanan ini adalah rasa pedas yang dihasilkan dari minyak lada yang hanya bisa ditemukan di kawasan Sichuan. Kayaknya, ini wajib dicoba...Berasa enak dan alami sekali!



2. Abiko Curry Korea Utara dan Korea Selatan

Korea Selatan bukan cuma terkenal dengan musik pop dan serial drama yang bikin digandrungi pelancong. Negara ini juga populer dengan makanan pedasnya. Jika kamu melancong ke Korsel, boleh dicoba Abiko Curry ini. Kelihatannya memang seperti makanan biasa, tapi jangan salah. Kamu bakal butuh banyak air minum atau bahkan tisu untuk mengelap keringat! Kari yang disajikan dalam makanan ini terkenal luar biasa pedas dan cuma para pemberani saja yang konon siap melahap Abiko Cury. Tapi, setiap orang yang menjajal Abiko Cury dijamin gak bakal nyesel deh.


3. Tom Yum Thailand


Seiring meningkatnya minat pariwisata ke Thailand dalam beberapa tahun terakhir, wajar jika makanan tradisional mereka pun makin dikenal masyarakat luas. Apalagi, boleh dibilang cita rasa Thailand masih sesuai dengan lidah Indonesia. Nah, salah satu makanan yang digemari adalah Tom Yum. Kamu pasti sudah tidak asing lagi kan dengan makanan ini. Sup dengan rasa sedikit asam dan pedas akan terasa segar ketika kita memakannya. Di dalamnya terdapat ayam dan seafood dan beberapa sayuran.


4. Asam Laksa Penang


Menu yang satu ini sangat terkenal di Penang. Tidak heran kalau banyak orang yang merekomendasikan hidangan ini. Terlihat seperti sup mie dengan rasa asam pedas. Ini merupakan hidangan tradisional masyarakat Malaysia dan biasanya berkuah kental. Namun di Penang, versi kuahnya lebih ringan. Di sini kamu bisa menemukan ikan makarel yang dimasak dengan bihun, sayuran, mentimun, selada, nanas, serai, cabai dan terasi. Tidak heran kalau rasanya cukup segar. Cocok juga buat kamu yang gemar makan makanan pedas.


5. Ema Datshi Bhutan

Selain budaya yang unik, Bhutan juga mempunyai menu pedas andalannya. Negara yang diapit oleh China dan India ini menganggap bahwa cabai merupakan sayuran. Wajar saja banyak menu yang diolah dengan cabai. Ema Datshi, nasi yang dicampur dengan cabai dan keju merupakan makanan paling pedas di Bhutan.


6. Sambel Ulek

Ternyata makanan paling pedas nomor satu di dunia ada di Indonesia. Orang-orang di seluruh dunia percaya bahwa cabai lokal Indonesia 10 kali lebih pedas dari pada cabai Thai Bird Eye Chilis asal Thailand. Karena saking pedasnya, beberapa orang luar negeri mengaku makan sambel ini membuat bibir mereka terasa menghilang.

Huh hah.Sehah deh.... Yang penting halal, enak dan alami...tidak menggunakan penyedap, pemanis buatan apalagi pedas buatan. Karenanya biar pedas tetap dicari dan digemari...


Categories: