3 Cara Membuat Pengharum Ruangan Yang Enak dan Alami

Posted by Dina's Diary on 5:51 PM with 2 comments
Ruangan tanpa pengharum ruangan membuat suasana menjadi 'kering'. Bayangkan, kalau di ruangan tadi tidak cukup ventilasi sehingga udara bisa mengalir, bau tidak enak bisa menyesakkan dan mengganggu pernapasan.

Karenanya pengharum ruangan yang alami akan terasa membuat suasana lebih nyaman dan menenangkan. Secara alami tanaman herbal bisa digunakan sebagai 
parfum atau pengharum ruangan. 


Berikut beberapa tanaman herbal yang bisa kita gunakan sebagai pewangi ruangan:
1. Batang/Kulit Kayu Manis
2. Cengkeh
3. Vanilla
4. Rosemary
5. Bubuk Kopi
6. Lavender
Dari banyak cara pembuatan pengharum ruangan, ada 3 cara yang sederhana untuk membuat pengharum ruangan yang bisa bertahan lama, enak dan alami:
Bagaimana caranya? Intip tipsnya yuk.


1. Cara Membuat Parfum Ruangan dengan cara Mendidihkan
Rempah-rempah beraroma harum seperti batang kayu manis, cengkeh, vanilla atau rosemary bisa direbus di dalam pot atau kendi dari tanah liat.
Saat direbus, akan menghasilkan uap dengan aroma yang hangat dan spicy. Ingin wewangian yang lebih segar?Tambahkan beberapa potong buah jeruk atau lemon.


2. Cara Membuat Parfum Ruangan dengan cara Menanamnya
Tanaman aromatik seperti melati, honeysuckle dan mawar bisa ditanam di dalam rumah dan menghasilkan wangi yang cukup intens.
Tanaman herbal seperti rosemary dan mint juga mudah tumbuh di dalam ruangan meskipun keharumannya tak sekuat bunga-bungaan.


3. Cara Membuat Parfum Ruangan dengan Potpourri (Peletakan Tananaman Diatas Mangkuk). Kamu bisa menciptakan pengharum ruangan alami dengan membuat potpouri.
Selain praktis, cara ini juga cepat menimbulkan bau harum. Potpourri merupakan mangkuk yang berisi berbagai macam bunga-bungaan dan herbal kering.


Campuran wewangian bisa berupa bunga mawar, lavender, chamomile, peppermint, batang kayu manis dan rosemary. Kamu juga bisa menambahkan wangi buah seperti lemon kering atau kulit jeruk.

Pastikan semua bahan benar-benar sudah dikeringkan sebelum mencampurnya. Tempatkan potpourri di meja ruang tamu, sudut ruangan atau tempat strategis lainnya.


Categories: