5 Makanan Manise Dari Ambon

Posted by Dina's Diary on 6:57 PM with No comments
Sio Sayange....Sayang Sayange....
Walau sudah lama meninggalkan ambon... perantau dari sini pasti mengingat makanan-makanan populer disana. Pelancong ke ambon juga rugi kalau tidak mencoba makanan khas dari ambon manise. Ini dia 5 makanan khas ambon manise yang enak dan alami...

1. Bubur sagu ubi
Sagu makanan khas di daerah timur dan jadi makanan pokok pada daerah maluku atau papua. Bubur sagu dari maluku ini memiliki kombinasi dan cita rasa berbeda dengan bubur sagu lain. Sangat banyak para penggemar bubur sagu mengincar makanan yang satu ini. karena sagu dan ubi diolah sedemikian rupa berkombinasikan bumbu sedap. 



Pembuatan bermula dari gumpalan sagu yang direndam dalam air. Kemudian di beri sentuhan gula merah atua gula pasir yang dilarutkan (direbus). Setelah adonan selesai dibuat, kemudian akan di beri kombinasi terakhir, yakni ubi rebus.


2. Ikan kuah pala
Dari sekian banyak makanan yang ada di pulau maluku. Ikan kuah pala dari suku banda ini merupakan makanan yang mempunyai kelezatan tersendiri. Mempunyai citarasa tersendiri yang berpadu antara asam pedas segar. Makanan ini bisa dibilang sup bagi orang maluku. Ikan yang di gunakan dalam pembuatan makanan ini adalah ikan kakap merah. 



Ikan kakap merah akan bertambah lezat dengan campuran berbagai macam rempah rempah dan tambahan parutan pepaya muda embuat makanan ini jadi istimewa, terlebih lagi sebelum disajikan tidak lupa di beri sentuhan sambal pedasnya. Wah...benar-benar istimewa...








3. Nasi lapola
Kalau nasi biasa sih udah biasa, tapi, masakan tradisional nikmat khas maluku yang satu ini cukup unik. Bahan dasar dan inti proses pengolahan makanan nasi lapola yaitu dengan merebus nasi setengah matang. Agar nasi bisa setengah mengembang secara maksimal,. setelah nasi setengah matang di ambil kemudian nasi akan di campurkan dengan kacang polong. Pencapuran di beri sedikit kelapa lembut dan beberapa racikan bumbu rahasia lain.



Setelah adonan selesai dibuat, kemudian akan memasuki tahap akhir yakni adonana akan di kukus beberapa menit. Barulah terasa berbedanya nasi lapola dibanding nasi pada umumnya











4. Gatang kenari
Gatang kenari adalah sebuah kuliner yang berbahan dasar dari kepiting jenis kenari. Makanan yang satu ini memiliki popularitas yang cukup tinggi di daerah mauluku utara. Bumbu sedap rahasia akan dicampurkan rata dengan kepiting. Agar rasa dalam daging tercampur maksimal.



Kepiting kenari adalah kepiting liar yang tinggal di darat dan biasanya dia suka bergelut dengan buah kelapa. Semakin besar kepiting kenari maka semakin mahal harganya. Makanan khas maluku yang satu ini mempunyai kandungan kolestrol yang sangat tinggi. Sehingga tidak di di anjurkan kepada anda para orang berbadan gemuk dan berpotensi hipertensi.






5. Kue Bagea
Kue khas Ternate ini meskipun sedikit keras, namun ketika kamu mulai menggigitnya dan mengenai butiran kenari, maka sensasi kue ini bisa jadi membuat kamu tak berhenti mengunyahnya. Berbahan dasar tepung sagu dengan campuran kenari, membuat makanan ini kerap menjadi referensi oleh-oleh saat kamu berkunjung ke Ternate. Dulu bagea dikemas dengan menggunakan daun kering sehingga lebih terasa tradisionalnya. Saat ini Bagea tak lagi dengan daun kering, tapi dengan kemasan karton biar praktis,,, 


Categories: