Ngarai Indah Indonesia

Posted by Dina's Diary on 9:59 PM with No comments

Indonesia, bak intan mutu manikam yang dengan indahnya digelar Sang Maha Kuasa... Lihat hutan dan pantainya, lihat gunung dan ngarainya. Begitu indah.. Diantara ngarai yang indah ada beberapa yang patut dinikmat: ngarai sianok, ngarai pangandaran, ngarai lembah harau dan ngarai gunung Bromo



NGARAI SIANOK
Ngarai Sianok ini merupakan bagian dari deretan Bukit Barisan yang memunggungi Sumatera di sebelah barat. Sungai Batang Sianouk mengalir di bawahnya. Sudah pasti, objek wisata utama di Bukittinggi adalah Ngarai Sianouk. Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah sempit yang dikelilingi oleh bukit-bukit bertebing curam yang dihiasi dengan aliran sungai kecil di tengahnya. Kontur Lembah Sianok terbentuk karena proses turunnya sebagian lempengan bumi, sehingga menimbulkan patahan berwujud jurang yang curam.






















NGARAI PANGANDARAN

Ngarai ini memang penuh dengan pepohonan yang berwarna hijau, dengan sungai selebar kira-kira lima sampai sepuluh meter di tengah-tengah canyon. Perjalanan menyusuri ngarai ini menggunakan perahu motor yang bisa dimuati 5 orang. Awalnya sisi kanan dan kiri canyon lumayan terbuka, tapi kemudian melewati tebing-tebing tinggi dan tertutup, serta sebuah air terjun.
Sampai di suatu titik perahu berhenti, karena ada jeram yang tidak bisa dilewati perahu. Di titik ini ada bebatuan yang lumayan luas, bisa dipijak dan tentu saja—arena untuk berfoto-foto. Di belakang bebatuan ini ada sebuah tebing membentuk atap, dengan latar belakang pancaran sinar matahari yang indah sekali. 
Berada di daerah Tasikmalaya.Orang2 asli daerah situ sih menyebut green canyon dengan Cukang Taneuh (red-Jembatan Tanah).
kenapa di sebut dengan jembatan tanah….???? Ya bener2 itu seperti jembatan tanah.
Tempat ini bener2 natural, viewnya juga masih bagus. Kita bisa lihat view alam natural, dingin dan sejuk….Kita juga masih bisa lihat hewan2 liar secara langsung…seperti biawak,ular,komodo dan monyet.



LEMBAH HARAU
Lembah Harau adalah sebuah ngarai yang berada dekat kota Payakumbuh di kabupaten Limapuluh Koto, propinsi Sumatera Barat. Lembah Harau adalah sebuah tempat yang sangat indah, diapit dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter. Lembah Harau dilingkungi batu pasir yang terjal berwarna-warni, dengan ketinggian 100 sampai 500 meter. Topografi Cagar Alam Harau adalah berbukit-bukit dan bergelombang. Tinggi dari permukaan laut adalah 500 sampai 850 meter, bukit tersebut antara lain adalah Bukit Air Putih, Bukit Jambu, Bukit Singkarak dan Bukit Tarantang. Berjalan menuju Lembah Harau amat menyenangkan. Dengan udara yang masih segar, Anda bisa melihat keindahan alam sekitarnya. Tebing-tebing granit yang menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah. Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai ketinggian 80 m hingga 300 m.




NGARAI GUNUNG BROMO

Gunung Bromo juga termasuk dalam satu kawasan Bromo Tengger Semeru National Park, dimana terdapat beberapa obyek wisata yang bisa dikunjungi seperti, Gunung Semeru, Guntng Tengger, Gunung Batok, beberapa danau dan Gunung Bromo sendiri.
Sebagai gunung berapi yang masih aktif, Gunung Bromo telah mengalami letusan dengan interval waktu yang teratur dalam 20 abad ini, yakni sekitar 30 tahun sekali. Letusan terbesar terjadi pada tahun 1974 dan kembali meletus di tahun 2010.
Selain keindahan yang tersimpan di Gunung Bromo, keindahan ngarai gunung bromo punya keunikan sendri karena justru ngarai di gunung bromo adalah berbatu dan berpasir, sehingga seperti halnya di padang pasir. Ngarai bromojadi unik karena meskipun berpasir tapi hawanya teta dingin karena berada di ketinggian diatas 1000 meter.


Categories: